Pilihan Jenis Lantai Untuk Garasi

Garasi merupakan area untuk menyimpan kendaraan agar terlindungi dari terik matahari, air hujan, ataupun embun. Karenanya,garasi menjadi bagian rumah yang penting, terutama untuk mereka yang memiliki kendaraan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai lantai garasi. Pada eksterior rumah, khususnya pada lantai carport sebaiknya gunakan penutup lantai khusus yang dapat menahan beban dan gesekan […]

Garasi merupakan area untuk menyimpan kendaraan agar terlindungi dari terik matahari, air hujan, ataupun embun. Karenanya,garasi menjadi bagian rumah yang penting, terutama untuk mereka yang memiliki kendaraan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai lantai garasi.

Pada eksterior rumah, khususnya pada lantai carport sebaiknya gunakan penutup lantai khusus yang dapat menahan beban dan gesekan tinggi. Biasanya produsen tile memiliki koleksi dengan seri tersendiri. Selain itu, tile dengan pemakaian khusus untuk carport atau garasi biasanya bertekstur, itu bertujuan agar lantai tidak licin dan ban kendaraan tidak mengalami slip.
Anda juga bisa memilih Batu alam potong atau batu alam pecah sama-sama bagus untuk digunakan pada carport. Anda bisa menggunakan batu yang mempunyai ukuran seperti keramik. Motif dan jenis dari batu alam juga semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu walaupun pemasangan dan perawatannya cenderung lebih mahal dan sulit dibandingkan produk tile.
Batu kerikil berukuran kecil dan aneka warna bisa menjadi opsi lain untuk garasi rumah Anda. Biasanya batu kerikil berbentuk bundar atau lonjong disebut batu sikat. Batu ini bisa dikombinasikan dengan material lain seperti keramik atau batu alam atau dibuat pola tertentu agar terlihat lebih artistik.
Proses pemasangan batu sikat memang agak sedikit rumit, pertama Anda harus membuat pola dengan pembatas menggunakan bahan pilihan. Setelah itu taburkan batu sikat di tengah pola tersebut hingga merata. Setelah itu, Anda bisa membersihkan batu dengan menggunakan sikat kawat. Taburkan sedikit semen kering atau pasir halus untuk membantu mempercepat proses pengeringan dan jangan lupa untuk sikat batu sampai bersih.
Bahan yang paling murah dan hemat dari berbagai bahan di atas tentunya adalah lantai plaster. Untuk menghemat dana kadang carport cukup dibuat dengan lapisan semen saja lalu dibuat kasar atau plesteran tadi dibentuk jadi pola atau bentuk tertentu agar lebih menarik. Di samping harga yang sangat terjangkau lantai seperti ini akan menghasilkan pola yang benar-benar sesuai selera Anda .
Gunakan grass block bila ingin carport Anda hijau dan masih bisa mengalirkan air ke dalam tanah. Sebelum menggunakan kedua material ini, pastikan tanah di bawahnya sudah dipadatkan dengan seksama. Bisa dibilang kedua material ini adalah material yang ramah lingkungan. Namun bila Anda sering mencuci mobil menggunakan sabun pembersih di atas carport ada baiknya pilihan ini di pertimbangkan lagi.
Perlu dipertimbangkan juga faktor air kotor / oli yang menetes dari kendaraan sehingga diperlukan penutup lantai yang daya serap air nya sangat rendah agar noda tidak menjadi permanen karena masuk kedalam pori-pori material. Terima kasih.